Makalah Antivirus Avast

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan khadirat Allah swt. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyusun makalah yang saya beri judul Anti Virus Avira ini dengan baik.
  Makalah ini di ambil dari berbagai sumber-sumber terpercaya dan sudah banyak di kenal masyarakat yang saya rangkum menjadi satu kesatuan. Makalah ini di harapkan mampu membantu saya dan anda sekalian yang membacanya untuk memperdalam pemahaman tentang Anti Virus dan segala yang bersangkutan dengannya. Selain itu, Makalah ini juga di harapkan dapat menjadi bacaan dan bahan ajaran para pembaca sekalian.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih pada para pembaca yang berkenan untuk membaca makalah ini dan untuk guru pembimbing saya. Sebagai penyusun saya begitu berharap agar makalah ini dapat bermanfaat. Kritik dan saran selalu saya nantikan untuk pengembangan dan kesempurnaan makalah ini agar menjadi layak untuk di pelajari.
                                                                                        Penyusun

 
                                                                                        Fajar Perdana,15 Mei 2015

BAB I

PENDAHULUAN

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer bahkan mengganggu sistem kerja komputer.
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak anti virus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak anti virus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut. Contoh virusnya adalah Worm, Trojan, Backdoor, hacking, dll.
        Beberapa kali saya mendapatkan gangguan dari serangan virus di komputer dan jika sudah begitu saya akan pusing sendiri dan merasa kesal dengan virus yang semakin hari semakin merajarela apalagi sampai merusak data-data yang saya miliki. Saya pikir hal ini bukan cuma masalah saya, tapi masalah setiap orang yang memiiliki komputer juga. Jadi, ketika saya mendapatkan tugas TIK ini untuk membuat sebuah karya ilmiah oleh guru pembimbing saya, maka saya gunakan kesempatan ini untuk menuyusun karya ilmiah ini dengan serius. Karya ini membahas tentang virus dan Anti virus.

BAB II

PEMBAHASAN


 ANTIVIRUS AVAST

      Avast Free Antivirus - Adalah Perangkat Lunak antivirus yang selalu melindungi komputer Anda dari serangan virus maupun program jahat yang dapat merusak isi file yang ada dikomputerkita. Avast Anitivirus ini dikembangkan oleh Alwil Software, tidak hanya menyediakan versi PRO, namun juga menyediakan Antivirus versi gratis atau Free Edition. Meski dalam versi gratis, namun Avast Free Antivirus tetap memberi performa perlindungan layaknya Antivirus Premium.

     Avast Antivirus akan selalu memperbarui Database Virus terbaru setiap hari, bahkan ada yang bilang dalam waktu sehari bisa lebih dari dua kali melakukan perbaruan database. Saat Anda menjelajah di internet pun avast akan tetap bekerja dengan melindungi komputer Anda dari malware, Secara otomatis avast akan melakukan pengecekan situs yang dianggap berbahaya akan langsung di block, Sehingga komputer Anda akan tetap aman dan terlindungi.

     Avast akan terus melakukan pembaruan dari atas rak fitur keamanan gratis dengan teknologi hybrid pembaruan, analisis file reputasi, dan banyak lagi. Ini benchmark independen yang sedikit lemah, tapi lebih dari 150 juta orang percaya Avast agar mereka tetap aman.

      Kini Avast telah meningkatkan proses instalasi sehingga lebih cepat dari sebelumnya. Ini bukan yang tercepat di pasar, bukan oleh kemungkinan kecil, tapi instalasi standar hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit.

      Pada Versi terbaru Mozilla Firefox dan Internet Explorer, Avast memaksa add-on instalasi. Ketika Anda menjalankan salah satu browser untuk pertama kalinya setelah menginstal Avast, mereka akan meminta Anda jika Anda ingin mengizinkan add-on baru.

      Di sisi positifnya, memasang Avast tidak memerlukan reboot, dan menggunakan alat uninstall nya kita tidak terdeteksi sisa-sisa di Registry atau di desktop. Avast mengatakan bahwa installer telah menyusut untuk semua tiga versi sekitar 20 persen, meskipun masih download besar di sekitar 70MB untuk versi gratis.

      Avast Antivirus termasuk teknologi hybrid pembaruan untuk mendorong keluar update keamanan untuk Anda lebih cepat.

     Versi gratis dari Avast ini bisa dibilang set paling komprehensif dari fitur keamanan tersedia secara bebas di pasaran. Ada alasan orang-orang ini memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif (pada saat review ini ditulis).

     Selain fitur inti keamanan, Avast memiliki beberapa tambahan yang bagus untuk membantu Anda keluar. Bagian Pemecahan Masalah kini hadir dengan pilihan "mengembalikan pengaturan pabrik", yang membuatnya lebih mudah untuk menghapus pengaturan kembali ke titik awal akrab, dan dilengkapi dengan pilihan untuk mengembalikan hanya pengaturan Shields, meninggalkan perubahan lain.

     Ada desktop sidebar gadget untuk Windows 7 dan Vista, dan Anda dapat mengatur tindakan otomatis untuk scan boot-waktu. Tersedia di bawah tab Komputer Pindai, boot-time kustomisasi memindai memberikan Anda fleksibilitas jauh lebih dalam mengelola scan booting panjang dan memakan waktu.

     Avast tidak menawarkan on-demand scanning link-fitur, seperti AVG dan Norton lakukan, meskipun perusahaan mengatakan bahwa cara yang Avast Web perisai itu berperilaku harusnya untuk melindungi Anda secara otomatis dari setiap URL jahat dengan secara otomatis mencegah URL dari penyelesaian di- browser. Sebuah halaman akan muncul membiarkan Anda tahu bahwa Avast telah memblokir situs karena diduga mengandung ancaman.

Kelebihan atau Kelemahan antivirus Avast

Semua antivirus memiliki keunggulan tersendiri dari tiap jenis / mereknya, Adapun Kelebihan antivirus Avast, yaitu
  1. Proses instalasi Antivirus Avast yang tidak memakan waktu lama.
  2. Anda dibarikan opsi untuk menyesuaikan level mana pendeteksian virus, anda dapat menggunakan low detection atau level pendeteksian lainnya. Yang perlu diperhatikan Semakin tinggi level pendeteksian semakin banyak memakan resource atau sumber daya system komputer.
  3. Jika komputer anda memiliki spesifikasi yang rendah. Anda dapat mengunakan Antivirus Avast, karena antivirus ini sangat ringan. Sehingga tidak memberatkan kerja komputer.
  4. Antivirus Avast sangat dinilai bekerja sangat teliti dalam men-scan atau proteksi.
  5. Antivirus avast dinilai cukup aman dan tidak merusak system komputer. Tentang masalah ini ada seseorang yang bercerita bahwa dia pernah menggunakan antivirus AVG tetapi Sytem komputernya lama kelamaan menjadi lebih lambat dan akhirya error. Setelah AVG diuninstall komputer cepat kembali tetapi error pada komputer masih terjadi yang kemungkian disebabkan oleh system yang corrupt kesalahan penghapusan oleh antivirus AVG. Akhirnya dia memutuskan untuk menginstal ulang Windows komputernya. Sehingga dalam hal ini antivirus avast cukup baik.
  6. Kelebihan Avast lainya adalah dia memiliki fitur Auto Sandbox, fitur ini sangat berfungsi untuk mengeksekusi suatu file yang mencurigakan, sehingga setelah itu akan diproses Avast sebagai sebuah virus atau tidak. Jika terdeteksi sebagai virus oleh avast, maka setelah itu avast akan segera mengirimkan (upload) sampel file ke situs (lab. Penelitian) virus avast untuk kemudian dianalisa lebih lanjut.
  7. Antivirus Avast memiliki heuristik yang cukup baik. Walaupun tidak istimewa (dalam hal ini) dibanding antivirus lainnya.
  8. Tampilan avast yang sangat baik tidak seperti antivirus lainya, tampilannya sangat elegan mirip seperti dengan salah satu software pemutar media player.
  9. Fitur lainnya yang sangat penting yaitu fitur scan boot time, dengan fitur ini avast akan melakukan pemindaian runtime saat komputer pertamakali dihidupkan. Avast mampu memindai komputer sebelum komputer masuk windows, sehingga virus dan program berbahaya lainnya belum sempat mengaktifkan diri yang dapat memberikan efek buruk pada windows.

Kelemahan / kekurangan antivirus Avast

Disamping tampilan dan performanya yang sangat ringan ternyata anti virus ini juga memiliki kekurangan. Diantara kekurangannya antara lain
  1. kurang teliti saat memeriksa file yang masuk dari usb, hal ini bisa saja terjadi pada komputer kamu saat kamu mencolokan flashdisk yang terinfeksi oleh virus.
  2. Avast sering terlambat mendeteksi virus-virus lokal baru (di Indonesia). Pernah terjadi ketika ada virus lokal terbaru maka avast baru bisa mendeteksiya beberapa bulan kemudian, hal ini terjadi kemungkinana disebabkan pengguna avast sangat banyak di dunia sehingga avast tidak dapat fokus meneliti virus-virus di Indonesia dengan maksimal.
  3. False alarm antivirus avast dinilai lumayan banyak. Sehingga ini dapat menjadi pekerjaan untuk Avast kedepannya dalam memperbaiki error false alarm.
Perlu diketahui juga bahwa setiap antivirus memiliki kelebihan atau kelemahan fitur dibanding antivirus lainnya (baca: tidak ada yang sempurna). Semua tinggal terserah pada anda memilih antivirus yang paling cocok dengan komputer anda. Misalnya, jika anda sering mengunakan komputer untuk browsing di internet. Maka gunakanlah Antivirus yang memiliki proteksi internet. Jadi dibutuhkan sedikit pengetahuan dan kebijakan untuk memilih antivirus.

semoga artikel tentang kelebihan dan kelemahan antivirus avast ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang berbagai jenis antivirus atau tentang software secara umumnya.

Cara Menggunakan Antivirus Avast

1. Sebelum memulai

Ada dua cara untuk menghadapi malware dan berbagai macam virus ketika menggunakan avast!. Pertama adalah dengan melakukan pencarian di dalam komputer untuk mengidentifikasi ancaman-ancaman tersebut. Cara kedua adalah menghapus atau memindahkan ancaman-ancama tersebut ke dalam Virus Chest avast!. Menghapus dan/atau memindahkan malware dan virus-virus ke dalam Virus Chest merupakan cara efektif untuk mencegah ancaman tersebut berinteraksi dengan sistem komputer, sistem file, ataupun program email.
Walaupun terlihat janggal untuk menyimpan malware atau virus, tetapi apabila informasi penting maupun sensitif telah terjangkit, Anda tentunya ingin menyelamatkan informasi tersebut. avast! terkadang, walaupun jarang sekali, salah dalam mengidentifikasi kode sah atau program sebagai malware ataupun virus. Kode ataupun program tersebut, yang biasa disebut “fales positives”, mungkin sangat penting untuk sistem Anda, dan Anda tentunya tidak ingin kehilangannya.
Virus Chest avast! adalah 'dead zone' atau karantina dalam bentuk elektronik dimana Anda bisa meneliti virus dan mengetahui bentuk ancamannya dengan melakukan riset di Internet, atau menyerahkan virus tersebut ke dalam laboratorium virus - pilihan tersebut terdapat di avast! ketika Anda meng-klik kanan virus yang terdaftar di Virus Chest. Dengan meng-klik dua kali virus di dalam Virus Chest, tidak akan mengaktifkan malware atau virus karena Virus Chest mengisolasi virus tersebut dari sistem Anda.
Tips: Sebagai alternatif, Anda dapat mentransfer informasi penting dan sensitif ke dalam Virus Chest avast! untuk melindungi informasi tersebut dari serangan virus.
Di dalam bab ini, anda akan:
  • Diperkenalkan dengan cara-cara terbaik untuk melindungi jaringan dan sistem PC Anda
  • Diperkenalkan dengan main user interface, dengan fokus ke dalam tab SCAN COMPUTER dan MAINTENANCE
  • Belajar melakukan macam-macam pencarian, dan
  • Belajcar cara menggunakan Virus Chest avast!

2. Panduan singkat cara menanggulangi penyebaran virus

Terdapat beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk membatasi ancaman-ancaman terhadap sistem komputer Anda; contohnya, dengan menghindari website-webiste yang meragukan maupun bermasalah, atau rajin menggunakan program anti-virus atau anti-spyware, seperti avast! atau Spybot. Tetapi, terkadang kita juga harus membagi koneksi Local-area network (LAN) atau internet. Poin-poin berikut dapat diambil sebagai pertimbangan ketika menghadapi serangan virus di dalam pengaturan komunitas ataupun ketika Anda di kantor:
  • Putuskan sambungan fisik komputer Anda dari internet ataupun jaringan/network lokal. Apabila Anda mempunyai koneksi wireless, putuskan komputer Anda dari jaringan wireless. Matikan atau cabut kartu wireless apabila memungkinkan.
  • Apabila komputer Anda berada dalam suatu jaringan, segera putuskan sambungan internet dari semua komputer di jaringan tersebut dari Internet, lalu putuskan komputer-komputer dari jaringan lokal. Semua pengguna harus berhenti menggunakan jaringan dan mulai menyalakan avast! atau anti-virus yang dapat dipercaya untuk mengindentifikasi dan menghapus virus. Walaupun terlihat seperti proses yang melelahkan, namun langkah ini sangat penting untuk mempertahankan integritas sistem individual dan jaringan.
  • Lakukan pencarian secara boot-time untuk semua komputer di dalam jaringan. Catatlah nama-nama virus yang Anda temukan, agar Anda bisa meneliti - lalu menghapus virus-virust tersebut, atau memindahkannya ke dalam avast! Virus Chest. Untuk mempelajari cara melakukan pencarian secara boot-time, silahkan lihat bab 4.6 Cara melakukan pencarian secara Boot-time.
  • Walaupun virus sudah dihapus, lakukan langkah sebelumnya, dan lakukan pencarian secara boot-time di dalam semua komputer, sampai avast! berhenti menunjukkan pesan peringatan. Anda mungkin harus melakukan pencarian secara boot-time lebih dari sekali, namun ini tergantung dari seberapa parah serangan malware atau virus yang terjadi.
Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menghadapi penyebaran malware atau virus, anda dapat membaca bab 4.9 Metode menghapus virus lebih lanjut.

3. Ringkasan Main User Interface avast!

Main User Interface avast! terdiri dari empat tab yang tertera pada sebelah kiri window: SUMMARY, SCAN COMPUTER, REAL-TIME SHIELDS dan MAINTENANCE. Masing-masing tab dibagi menjadi sub-tab yang mengaktifkan jendela/panel yang saling berhubungan.
Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan tampilan berikut:

Gambar 1: Tab SUMMARY menunjukkan status saat ini sebagai SECURED

Berikut penjelasan singkat mengenai fungsi masing-masing tab:
SUMMARY: Tab ini memperlihatkan Current Status dan sub-tabs Statistik. Sub-tab Current Status memperlihatkan status pekerjaan dari komponen kunci dari avast! yang digunakan untuk melindungi komputer Anda dari seringan malware atau virus. Jendela STATISTICS menunjukkan kegiatan operasional dari setiap komponen avast! selama seminggu, sebulan, atau setahun.
SCAN COMPUTER: Tab ini menunjukkan sub-tab Scan Now, Boot-time Scan dan Scan Logs. SCAN NOW meperlihatkan pilihan-pilihan berbeda untuk melakukan pencarian manual. BOOT-TIME SCAN memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian secara boot-time di waktu berikutnya Anda menyalakan komputer, dan SCAN LOGS memperlihatkan rekaman pencarian manual yang dilakukan dalam bentuk tabel.
REAL-TIME SHIELDS: Tab ini berfungsi untuk memonitor semua 'tameng' yang melindungi setiap aspek dari fungsi komputer Anda, dimulai dari FILE SYSTEM SHIELD. Tab ini menyediakan akses ke pengaturan real-time shield, termasuk menghentikan dan memulai perlindungan.
MAINTENANCE: tab ini mempunyai sub-tabs Update, Registration, Virus Chest, dan About avast!. Jendela UPDATE memungkinkan Anda melakukan update secara manual program dan definisi virus, sedangkan jendela REGISTRATION memungkinkan Anda mendaftarkan avast! Anda. VIRUS CHEST bisa memperlihatkan macam-macam malware atau virus yang avast! temukan selama pencarian, dan memungkinkan Anda untuk melakukan macam-macam tindakan termasuk, menghapus, mencari lebih lanjut, ataupun menyerahkan virus ke dalam laboratorium virus. Tab ABOUT AVAST! menunjukkan informasi tentang versi terbaru dari avast! di dalam komputer Anda.
Catatan: Jendela SCAN COMPUTER dan MAINTENANCE sangat berguna ketika menghadapi malware dan virus.

4. Cara mencari Malware dan Virus-virus

Di dalam bagian ini, Anda akan belajar tentang pilihan pencarian/scan yang tersedia, dan cara menggunakannya. Anda juga akan belajar cara melakukan pencarian sistem secara menyeluruh dan pencarian di dalam folder, dan juga pencarian secara boot-time.
Jendela SCAN COMPUTER > SCAN NOW menunjukkan empat pilihan scan yang tersedia di avast!, untuk melihatnya, lakukan langkah berikut:
Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan layar berikut

Gambar 2: Tab SCAN COMPUTER menunjukkan SCAN NOW

Penjelasan singkat dibawah ini akan membantu Anda memilih cara pencarian yang tepat:
Quick scan: Pilihan ini disarankan untuk para pengguna yang tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan pencarian virus atau malware.
Full sytem scan: Pilihan ini direkomendasikan untuk pengguna yang memiliki cukup waktu untuk melakukan pencarian secara menyeluruh di dalam sistem Anda. Pencarian ini juga di rekomendasikan ketika pengguna pertama kali menggunakan software anti-virus di dalam komputernya. Durasi pencarian ini tergantung dari jumlah dokumen, file, ataupun folder dan hard drives di komputer Anda, dan juga kecepatan komputer. Silahkan baca bab 4.4 Cara melakukan pencarian di seluruh sistem.
Removable media scan: Pilihan ini direkomendasikan untuk melakukan pencarian di external hard drives, USB flash drives, dan media lainnya, terutama yang bukan milik Anda. Aktivitas ini akan melakukan pencarian terhadap program yang mencurigakan ketika peralatan portable ini dihubungkan ke komputer Anda.
Select folder to scan: pilihan ini digunakan untuk melakukan pencarian di suatu folder maupun beberapa folder yang spesifik, terutama folder yang Anda curigai telah terkena virus. Silahkan baca bab 4.5 Cara melakukan pencarian di dalam folder.
Tips: Setiap pilihan pemindaian membolehkan anda untuk melihat detil pencarian, contohnya, area yang sedang dipindai/scan. Klik untuk melihat. Apabila Anda memiliki keahlian lebih dalam bidang komputer, klik untuk memperbaiki parameter pencarian virus untuk setiap pilihan pencarian.

4.4 Cara melakukan pencarian di seluruh sistem

Untuk melakukan pencarian di seluruh sistem, ikuti langkah-langkah berikut:
Langkah 1. Klik pada pilihan Full System Scan, layar berikut akan muncul:

Gambar 3: Jendela SCAN NOW menunjukkan scan ke seluruh sistem sedang dilaksanakan...

Setelah pencarian selesai, dan apabila ancaman terhadap komputer Anda ditemukan, jendela Full system scan akan terlihat seperti layar di bawah:

Gambar 4: Proses Scan selesai, tampilan yang menunjukkan peringatan THREAT DETECTED!/ANCAMAN TERDETEKSI

Pencarian seluruh sistem telah menunjukkan dua ancaman; untuk mengetahui cara untuk menanggulanginya, silahkan baca bagian 4.7 Cara menghadapi virus-virus.
Avast! Virus Chest adalah suatu folder yang muncul ketika pemasangan avast! sedang dalam proses, yang merupakan 'dead zone' atau karantina elektronik dimana malware atau virus dicegah supaya tidak berinteraksi dengan proses sistem lainnya

5. Cara melakukan pemindaian di dalam folder

Untuk melakukan pencarian di dalam, ikuti langkah berikut:
Langkah 1. Klik di Select folder to scan, layar berikut akan muncul:

Gambar 5: Dialog box Select the areas

Dialog box Select the area membolehkan Anda untuk memilih folder yang ingin Anda pindai. Anda dapat memilih lebih dari satu folder untuk melakukan pemindaian. Ketika Anda mencek box di samping setiap folder, folder path akan ditunjukkan di dalam kotak teks Selected path.
Langkah 2. Klik untuk memulai pencarian dan mengaktifkan layar berikut :

Gambar 6: Pencarian di dalam folder sedang berlangsung.

Tips: avast! membolehkan Anda untuk melakukan pencarian folder individual melalui standard menu pop-up Windows yang muncul apabila Anda meng-klik kanan sebuah folder. Klik Select yang muncul di samping nama folder yang ingin Anda pindai.

6. Cara melakukan pencarian secara Boot-time

Pencarian secara boot-time membolehkan Anda melakukan pencarian secara menyeluruh di hard drive Anda sebelum Microsoft Windows Operating System mulai berjalan. Ketika pencarian secara boot-time dilakukan, mayoritas dari program malware dan virus sedang tidak dalam keadaan aktif, sehingga mereka belum berkesempatan untuk mengaktifkan diri mereka, atau berinteraksi dengan proses sistem yang lain. Maka dari itu, mereka lebih mudah untuk ditemukan dan dihapus.
Pencarian secara boot-time juga bisa mengakses langsung disk dan melewati drivers untuk sistem file Windows, yang merupakan target favorit dari sebagian besar ancaman komputer. Proses ini akan memunculkan 'rootkits' – nama dari bentuk malware yang paling merugikan dan paling kuat sekalipun. Sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan scan boot-time apabila Anda mencurigai bahwa sistem komputer Anda mungkin telah terinfeksi.
Pencarian boot-time disarankan untuk memperoleh hasil pencarian yang menyeluruh dan komplit. Bergantung pada kecepatan komputer dan jumlah data serta jumlah hard drives yang Anda miliki, pencarian secara boot-time mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pencarian secara boot-time sebaiknya dijadwalkan saat Anda menyalakan komputer Anda.
Untuk melakukan pencarian secara boot time, Anda perlu mengikuti langkah- langkah ini:
Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan jendela BOOT-TIME SCAN.
Langkah 2. Klik untuk menjadwalkan boot-time scan saat Anda menyalakan komputer.
Langkah 3. Klik untuk memulai boot-time scan secepatnya.
Catatan: Pemindaian secara boot-time dimulai sebelum Operating System dan interface dimulai, sehingga hanya layar biru seperti dibawah ini yang akan muncul untuk menunjukkan kemajuan dari pencarian:

Gambar 7: Pencarian boot time avast! terjadwal

avast! akan memberikan respon setiap kali mendeteksi adanya virus dan juga untuk melakukan Menghapus/Delete, Mengabaikan/Ignore, Pindahkan/Move atau Perbaiki/Repair satu atau semua virus yang terdeteksi, sangat disarankan agar Anda tidak mengabaikan hal ini dalam kondisi apapun. Daftar perintah ini hanya akan keluar jika ada virus yang terdeteksi di sistem Anda.

7. Cara menghadapi virus-virus

Selama proses pemasangan avast!, Virus Chest avast! akan diciptakan di hard drive Anda. Virus chest adalah sebuah folder yang terisolasi dari sistem komputer Anda, dan digunakan untuk menyimpan virus atau malware yang terdeteksi ketika pencarian dilakukan, dan juga dokumen-dokumen, file, dan folder yang terkena virus.
Apabila Anda sudah pernah meng-update program dan definisi virus, Anda akan terbiasa dengan tab MAINTENANCE – yang juga merupakan akses Anda untuk masuk ke dalam avast! Virus Chest.
Untuk menghadapi malware atau virus yang terdeteksi ketika pencarian, lakukan langkah-langkah berikut:
Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan layar berikut:

Gambar 8: Jendela SCAN RESULTS/HASIL PENCARIAN menunjukkan peringatan THREAT DETECTED!/ANCAMAN TERDETEKSI

Langkah 2. Klik untuk menunjukkan daftar pilihan tindakan yang dapat dilakukan terhadap ancaman yang terdeteksi seperti yang ditunjukkan di Gambar 8 di atas.
Catatan: Disini, kami cenderung untuk memindahkan file yang terinfeksi ke dalam Virus Chest. Namun, daftar dari pilihan tindakan di atas menunjukkan tiga pilihan lain dan dibawah ini adalah deskripsi dari masing-masing pilihan:
Repair: tindakan ini mencoba untuk memperbaiki file yang terserang.
Delete: Tindakan ini akan menghapus secara permanen file yang terserang.
Do nothing: pilihan ini tidak melakukan tindakan apa-apa, dan sangat tidak direkomendasikan sebagai cara menanggulangi malware atau virus yang berpotensi merusak.
Langkah 3. Pilih Move to Chest, lalu klik untuk mengaktifkan layar berikut:

Gambar 9: Virus telah berhasil dipindahkan ke dalam Virus Chest

8. Cara menggunakan Virus Chest

Sekarang Anda bebas untuk memutuskan bagaimana cara untuk menanggulangi virus ketika virus tersebut telah berhasil dipindahkan ke Virus Chest avast!.
Langkah 1. Klik and Klik untuk mengaktifkan layar berikut:

Gambar 10: Virus Chest menunjukkan dua virus

Langkah 2: Klik kanan virus yang manapun, untuk memperlihatkan menu tindakan yang dapat dilakukan terhadap virus yang telah dipilih. Tindakan itu adalah sebagai berikut
Gambar 11: Pop up menu tindakan untuk virus di dalam Virus Chest

Catatan: Meng-klik dua kali sebuah virus di dalam Virus Chest tidak akan mengaktifkan atau membuka virus tersebut. Hal itu hanya akan menunjukkan properti virus, atau informasi yang sama yang dapat Anda dapatkan apabila Anda memilih Properties dari pop-up menu.
Dibawah ini adalah daftar deskripsi dari tindakan di pop-up menu yang dapat digunakan untuk menanggulangi virus:
Delete: Item ini akan menghapus virus secara permanen.
Restore: Item ini akan mengembalikan virus ke lokasi aslinya.
Extract: item ini akan menduplikat file atau virus ke dalam folder yang Anda pilih.
Scan: Item ini akan memasukkan virus ke dalam pencarian berikutnya.
Submit to virus lab...: Item ini akan menyerahkan virus untuk dianalisa lebih lanjut di database virus-virus yang telah diketahui. Memilih item ini akan memunculkan formulir penyerahan virus untuk diisi oleh Anda dan disubmit.
Properties: Item ini akan memunculkan detail lebih banyak tentang virus yang dipilih.
Add...: Item ini akan memungkinkan Anda mencari file di sistem Anda untuk dimasukkan ke dalam Virus Chest. Hal ini sangat berguna apabila Anda mempunya file yang ingin Anda lindungi ketika terjadi penyebaran virus.
Refresh all files: Item ini akan meng-update file Anda, agar Anda dapat melihat file yang terakhir.

BAB III

PENUTUP 

Kesimpulan

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak anti virus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak anti virus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.
Anti virus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Anti virus di sebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak.
3.2.    Saran
Tidak semua anti Virus dapat mencegah aksi dari setiap virus, apalagi virus-virus jenis baru. Jadi mungkin para pengguna komputer akan merasa kesulitan apalagi anti virus haruslah di update dalam jangka waktu tertentu. Akan lebih baik para pengguna komputer sekalian menggunakan system operasi (OS) LINUX yang hingga saat ini masih belum bisa ditembus oleh virus manapun dan masih menjadi pekerjaan dan tantangan bagi para haker. Untuk lebih amannya lagi. Update lah anti virus dalam jangka waktu yang telah di tentukan. Karna tidak peduli sebagus apapun anti virus yang di gunakan, tidak akan berguna jika tidak rajin untuk di update
 
        Demikianlah makalah yang saya buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari saya semoga dapat diterima di hati dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

DAFTAR PUSTAKA

http://infokita-inform.blogspot.com/2013/11/sejarah-umun-avast-anti-virus.html
https://info.securityinabox.org/id/avast_menghadapivirus
http://goblogfriendship.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Related Posts:

0 Response to "Makalah Antivirus Avast"

Posting Komentar